- - - - - - -

- - -  - - - -

Breaking News

Sabtu, 13 Desember 2014

Cara Merawat Dan Menjinakkan Musang

Halo para blogger...sebelumnya terima kasih sudah mengunjungi 
djamallovers.blogspot.com


Kali ini saya akan memposting tentang cara merawat dan menjinakkan musang.

Menurut saya, merawat dan menjinakkan musang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. kita perlu kesabaran yang tinggi dan kita harus mengerti karakter si musang terlebih dahulu.

1. Hilangkan rasa takut anda terhadap hewan lucu ini
Prinsip pertama dalam menjinakkan musang adalah menghilangkan rasa takut. Makin takut kita terhadap musang tersebut maka akan semakin liar dan buas musang itu. 

2. Digigit itu adalah hal yang wajar. 
Prinsip menjinakkan musang yang kedua adalah membiasakan diri digigit. Menggigit merupakan sifat dominasi dari musang, dan hal ini seharusnya tidak membuat anda takut. Secara singkat, musang menggigit hanya untuk membuat anda takut, bukan untuk melukai. Maka, biasakan diri anda digigit musang dan jangan sampai gigitan musang membuat anda takut. 

3. Tempatkan diri anda sebagai partner hewan lucu ini, bukan sebagai pemiliknya. 
Prinsip menjinakkan musang yang ketiga adalah menempatkan diri anda sebagai partnernya, sebagai sahabat si musang, bukan sebagai pemilik. Makin kuat kedekatan anda dengan si musang, maka makin kuat juga ikatan (bonded) anda dan si musang. Musang akan mengikuti anda kemanapun anda pergi dan menganggap anda sebagai orangtuanya. 

4. Handsfeed (memberi makan dengan tangan). 

Prinsip terakhir dalam menjinakkan musang adalah sering menyuapinya makan atau dalam bahasa inggris disebut handsfeed. Anda bisa melakukan langkah ini bila ketiga langkah diatas sudah sempurna dilakukan. Hal ini agar si musang makin dekat secara emosional dengan anda.


Berikut adalah beberapa tips cara memelihara musang khususnya musang pandan:

1. Musang pandang yang dipelihara biasanya diberi makan buah-buahan (pepaya, pisang), nasi + kecap, catfood/dogfood. Namun kebanyakan owner musang pandan memberikan nasi + kecap sebagai makanan utama atau kepala ayam rebus. Untuk minuman sendiri, anda bisa memberi air mineral atau air gula pasir kepada musang anda.

2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang tetap terjaga.

3. Musang juga wajib dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang kotor karena bisa menyebabkan bulu musang rontok, musang menjadi sakit, dan menimbulkan penyakit kulit.

4. Jika sudah panjang, kuku musang juga hendaknya dipotong.

5. Musang hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung.


nah, sekarang sudah tau kan cara merawat dan menjinakkan musang.

gimana, para blogger pasti tertarik ingin memelihara musang kan? hehe..





Sekian postingan saya kali ini, untuk postingan selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara memandikan musang.


Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank You For Visiting My Blog